Inilah Referensi Model Kebaya Bali Modern

Pulau Bali dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan tempat wisata sekaligus wisata budaya. Kekhasan Bali sangat terasa dari desainnya bangunannya serta adat istiadat masyarakat setempat yang sejak dahulu hingga sekarang tetap dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu bentuk budaya Bali yang kuat yaitu pada pemakaian busana khas Bali berupa kebaya Bali bagi para perempuan yang tinggal di Bali. Salah satu jenis  pakaian adat ini tidak hanya menjadi bagian dari adat istiadat melainkan juga menjadi bagian dari Bali fashion. Pemakaian kebaya khas Bali ternyata mampu memukau para wisatawan yang berkunjung ke Bali dan tertarik untuk memakai baju khas tersebut. 

Seiring dengan perkembangan zaman, maka model kebaya Bali juga semakin mengalami perubahan menjadi lebih modern. Sebetulnya model kebaya tersebut sudah sangat menawan dan menarik namun dengan dibuat lebih modern maka para perempuan Bali akan terlihat tampil lebih anggun. Berikut ini akan dijelaskan referensi model kebaya Bali Modern yang bisa semakin menunjang penampilan Anda. 

  1. Kebaya Bali Agung atau Payas Agung, kebaya model ini dahulu hanya boleh dipakai oleh kalangan kerajaan saja terutama untuk acara pernikahan. Seiring dengan perkembangan zaman, maka model kebaya ini kemudian boleh dipakai oleh masyarakat Bali yang berasal dari kalangan biasa. Tentu model kebaya ini akan membuat penampilan Anda semakin terlihat elegan dan sangat cocok digunakan untuk menghadiri acara pesta maupun upacara adat. 
  2. Menggunakan Aksesoris berupa mahkota emas dan lipatan kain dari bahu hingga mata kaki. Untuk memakai kebaya khas Bali biasanya dilengkapi dengan mahkota dengan hiasan ornamen yang unik. Untuk menambah kesan menarik maka Anda juga bisa memakai akesoris dari bahan emas untuk menutupi bagian dada serta aksesoris pada bagian lengan. Selain itu, akesoris tersebut juga bisa  Anda pilih dari perhiasan perak Bali yang sudah sangat terkenal. Pada era modern seperti sekarang ini, untuk memakai kebaya bisa juga dengan menggunakan sanggul sehingga tak memerlukan mahkota lagi di bagian kepala. Sanggul tersebut dapat dihias dengan bunga dan aksesoris cantik pada bagian pinggir sanggul tersebut. 
  3. Kebaya Bali kini dibuat dengan model yang lebih bervariasi salah satunya adalah model ketat pada bagian atas dan bagian bawahnya merebak. Jika dipakai maka akan membuat penampilan Anda bagaikan seorang putri kerajaan. 
  4. Untuk menambah kesan mewah pada kebaya Bali modern, Anda bisa menggunakan kipas dengan pilihan warna-warna natural seperti warna krem. Paduan kebaya khas Bali dengan kipas yang dipakai akan membuat penampilan Anda terlihat sangat menarik. 

Itulah penjelasan mengenai referensi model kebaya Bali modern yang memadukan antara busana khas dengan perkembangan zaman. Meskipun terkesan modern namun tak mengurangi nilai budaya serta kekhasan Bali pada kebaya modern tersebut. Selain perempuan Bali, kini banyak perempuan dari daerah lain yang terinspirasi dan tertarik untuk memakai kebaya khas Bali dalam berbagai acara.

Comments